Laman

Kamis, 07 Maret 2013

Green Scout Adventure XII

Green Scout Adveture, kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 26 – 29 Desember 2012 lalu ketika liburan semester 1.  Progja yang dimiliki oleh bidang tekpram ini bertujuan untuk memperkenalkan anggota dengan alam,terutama melatih peserta agar tau bagaimana bertahan hidup  di alam, melatih kemandirian, dan untuk mempererat tali persaudaraan dengan anggota baru.
Kegiatan-kegiatan GSA sangat  seru dan menantang, seperti menjelajah, sirvival, dsb. Dalam perjalanan menjelajah,peserta ( GSU --> Green Scout Unit --> kelompok ) diharuskan mencari jalan sendiri untuk sampai tujuan hanya berbekalkan peta, doglas, kompas dan tentunya titik kemana harus dituju yang terdiri 8 angka. Dalam 1 GSU tiap anggota memiliki tugas masing – masing, ada yang bertugas sebagai navigator yakni penentu jalan (pemegang peta), ormeter yakni yang bertugas untuk (ormet) melihat kondisi medan pada alam sebenarnya apakah sama atau tidak dengan peta, pemegang kompas bertugas untuk membidik arah yang dituju, SBT-er yang bertugas dalam mengerjakan soal-soal sandi, dan yang terakhir ada yang bertugas membuat peta pita. Dalam perjalanan yang paling seru adalah survivalnya, biasanya  saat perjalanan masing-masing GSU banyak mendapat makanan hasil survival mereka seperti buah-buahan, sayuran dan makanan lainnya.
Kegiatan lainnya yaitu SAR dan PPGD. Pada praktik kegiatan ini di gambarkan bahwa ada suatu bencana alam di suatu tempat, dan seluruh pesertanya merupakan anggota TIM SAR ( Search and Rescue ) yang harus membantu para korban bencana alam tersebut. Pada anggota tim sar terdiri dari SC yakni Sar Coordination, yang bertanggung jawab pada tim sar tersebut,lalu dibawahnya SC ada Sekretaris, dan dibawahnya terdapar SRU ( Search Rescue Unit) yang terdiri dari beberapa tim, yaitu assessment  yang bertugas datang pertama kali di tempat kejadian dan melaporkan pada SC berapa dan siapa saja konban bencana, tim evakuator yang bertugas mengevakuasi korban, tim medis yang bertugas menangani korban, DU (Dapur Umum ) yang bertugas mengurusi konsumsi baik konsumsi korban maupun  konsumsi tim sar, Logistik yang bertugas menyiapkan semua peralatan-peralatan, baik itu peralatan medis, DU maupun evakuator. Setelah melalui serangkaian acara selama 4 hari 3 malam, Alhamdulillah akhirnya para peserta GSA  XII resmi dilantik menjadi anggota GREEN SCOUT.

Survival
Survival

Cooking contes hasil survival

Praktik  SAR


Penurunan Slayer Green Scout


Upacara Penutupan
Pengumuman Peserta, Master dan Leader terbaik

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More