Laman

Sabtu, 26 Maret 2011

GSA 10 ( Green Scout Adventure Ke-10)

Image Hosted by PicturePushImage Hosted by PicturePush



Menapak Bumi

Menggapai Langit
Meraih Cita-cita
Itulah slogan kami, Green scout crew...
SALAM PRAMUKA!!!
...

Are you green Scout???
Tanggal 25-28  Desember 2010.  Peserta kala itu diharuskan untuk berjuang ekstra keras. Karena hanya selang satu malam setelah baksos di Umbulrejo, paginya peserta diharuskan untuk berangkat kembali untuk mengikuti kegiatan GSA yang diadakan setiap tahunya itu. Pasti sangat banyak kendalanya. Mulai dari izin orang tua, trus belum capek setelah baksos dlsb. Tapi yang pasti semangat terus membara dihati para calan Green Scout crew @17.
Sebenere GSA… Itu Apa yaaaaaaaaaa…. ???


Pasti udah banyak yang tau.. !!!!!!   yuppzzz bener  banget,GSA itu Green Scout Adventure, yaitu salah satu kegiatan rutin anak pramuka tiap tahunya ..
Kegiatan GSA itu mengenang and seruuu banget,yang menjadi cirri khas GSA adalah berjalan melewati hutan dengan hanya berbekal kompas,peta dan SEMANGAT…
Apalagi saat di perjalanan kita hanya dibekali dengan sedikit makanan ,jadi kita harus bisa ngatur and survival nich…(saat survival kayak gini nich,yang paling di tunggu-tunggu,hehehe…)
                Tahun ini kita mengawali start GSA dari buper selondo lalu kita menuju serambang setelah itu finish nya di djamus… untuk menempuh jarak dari selondo sampek djamus,kita membutuhkan waktu 4 hari 3 malam.
                Siang itu tepatnya pukul 11.30 wib,kita dari smada,telah sampai di buper selondo,setelah itu kami mulai membuat bivak,,setelah pembuatan bivak selesai,tibalah waktunya ishoma.
Pada waktu sore harinya tepatnya pukul 16.00 wib, kita masak dengan menggunakan peralatan yang sangat sederhana yaitu dengan kompor lapangan,spirtus,dan kapas.. tapi meskipun dengan peralatan yang sederhana nasi yang kami masak bisa matang dan tanak..meskipun kadang-kadang nasinya agak gosong n setengah mateng,, alias masih mentah…hehehe tapi itu bagi kami sudah sangat cukup,setelah itu kami makan dengan lauk seadanya.
                Tepat pada pukul 17.00 wib hujan turun lebat,kami semua masuk kedalam bivak dan beristirahat,dan pada pukul17.45 hujan reda,lalu kami sholat magrib setelah sholat magrib,ada acara dari kakaknya setelah itu kami melaksanakan sholat isya berjamaah,lalu di lanjutkan dengan acara sharing,hingga pukul 21.00 wib,setelah itu kami tidur,suasana yang sunyi,suara jangkrik yang mengerik,serta udara dingin yang menusuk tulang,menemani tidur kami,hingga akhirnya terbitlah sang fajar,dengan sentuhan hangatnya, dan kami mengawali pagi itu dengan sholat subuh,sebagai tanda syukur kami terhadap sang kholiq karna kami masih di beri kesempatan untuk menikmati pagi itu,setelah itu kami memasak untuk mengisi energy,sebelum kembali melakuka perjalanan.setelah makan kami packing,dan bersiap untuk melanjutkan perjalanan,setelah pukul 07.00 wib kami berkumpul di lapangan untuk pemberangkatan. saat di perjalanan semangat itu terus membara,sehingga beban pun tak di rasa,pada pukul 12.45 wib suara air terjun mulai terdengar di telinga kami,ya... itulah air tejun serambang,setelah membasuh muka dengan segarnya air terjun serambang kami langsung melakukan persinggahan di SD Girimulyo 1. saat pukul 19.30 wib kami berkumpul di ruang kelas untuk acara evaluasi,hingga pukul 22.00 wib,setelah itu kami tidur dengaan nyenyak tanpa kedinginan.tibalah sang fajar menyapa,seperti biasa kami langsung sholat dan memasak,setelah itu kami melakukan senam pagi yang di lengkapi ritual penyerapan energy matahari,yang di pimpin oleh mr.adha ( hihihi sebenernya cuman gerakan  biasa). Selesai senam kami bersih-bersih dan bersiap melanjutkan perjalanan.
                Dalam perjalanan,panasnya matahari sangat menyengat,membuat perut ini terasa lapar dan tenggorokan kami terasa kering,akhirnya kami memutuskan untuk survival(bertahan hidup di alam ) tak lama kemudian hujan turun,tapi kita tetap harus melanjutkan perjalanan,akhirnya pada pukul 12.50,tibalah kami di SD Margomulyo,kami pun melakukan aktifitas seperti biasa,malam itu kami bermalam di SD Margomulyo. Saat pagi hari kami pergi ke kebun teh djamus..udara pegunungan yang sangat segar,membuat badan kami terasa fresh kembali,dan rasa capekpun pergi bersama cerahnya hari ini.
                Tepat pukul 10.00 pagi,tibalah acara yang paling dinanti-nanti yaitu,pelantikan anggota RAKASMUDA menjadi crew GS, hati kami semakin berdebar-debar saat kami bergantian meninggalkan djamus menuju ke tempat pelantikan..tepatnya di sungai dekat SD Margomulyo,,segala rasa capek serasa terbang, terbayar sudah oleh rasa bahagia tak terkira.satu hal  berharga yang kami dapat,yaitu “Jangan meninggalkan sesuatu kecuali JEJAK,jangan membakar apapun kecuali SEMANGAT,dan jangan membawa apapun kecuali PENGALAMAN..” Salam   Pramuka...!!!
(16 we can)
                                                                                                                         

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More